-->

SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI

Mencoba Pembesaran Puyuh (Fase Starter) dengan sistem Litter (Umbaran)

Oleh : Verry Aria Firmansyah (Owner Kencana Quail Farm)

Nyoba-nyoba melakukan pembesaran DOQ bibit puyuh petelur dengan sistem litter atau umbaran di lantai dengan alas sekam. Mulai nyoba kemaren per rabu 2 Maret 2016, ternyata cukup sulit juga di awal yah. Tingkat kematian juga tinggi. Mungkin baru mencoba alias pemula dalam pembesaran sistem litter. Biasanya kita pakai kandang bertingkat.

Diawali dengan mau bangun kandang, mikir-mikir kalau pinjam ke Bank. Eh dapet jalan ada kandang pembesaran ayam tidak ke pakai punya orang. Dan deal-dealan dech. "Udah pakai aja, tidak usah pikirin bagi hasil", katanya. Soalnya do'i dah 2 kali pembesaran ayam dan merugi malah, tak ada untung.

Akhirnya kita mulai dengan penyiapan kandang







Awalnya kandang kita tutup semua dengan terpal di bagian luar, dan atasnya juga biar hangat merata.

Setelah kita tutup, maka siapkan alas sekam. Tutup dulu lantai dengan karung bekas atau terpal. Baru tebar sekam. Pastikan kandang tertutup rapat.baru pasang pemanas. Kita pakai 2 gasolek dan 1 tungku batubara.



Setelah semua siap. Maka hidupkan si pemanas. test case. Keesokan harinya si DOQ dimasukan ke kandang litter ini






Sebelum menebar DOQ bibit puyuh, dipersiapkan dahulu sekam kira-kira ketebalan sampai 2 cm kemudian dilapisi kertas koran.Wadah minum diberi batu-batu agar DOQ bibit puyuh tidak nyemplung terendam air.
Hati-hati si puyuhmenumpuk di sudut atau pinggiran. Kalau sudah numpuk hampir dipastikan ada yang cacat ataupun mati. Maka fase sepekan pertama menjadi sangat kritis. Kita harus stand by terus. Kalau numpuk segera ambil dan kumpulkan ketengah. Ke bawah gasolek biar hangat. Cek kakinya apakah dingin. jika dingin maka ia kedinginan dan butuh kehangatan lebih


Pakai termometer dalam kandang,  agar suhu bisa terkontrol. Berikut foto-foto setelah 1 pekan pembesaran.











Tetap semangat......

Saran, sepertinya lebih mudah kandang pembesaran tipe box atau kandang bertingkat. Tingkat kematian lebih kecil dan tidak perlu terlalu intens seperti sistem litter.

Namun, tetap semangat......


Salam sukses.... Salam ceketer....


Facebook Comments

0 komentar



JUAL BIBIT PUYUH | KANDANG PUYUH |TELUR PUYUH. Powered by Blogger.

Contact Form

Name

Email *

Message *

Followers

Let us send you cool stuff!

We promise, we will only send you awesome stuff which will make your day!

" });